Dengan Manchester City, Phil Foden Segera Teken Kontrak Enam Tahun

By ommed


nusakini.com - Phil Foden telah menyetujui kontrak baru berdurasi enam tahun yang akan membuatnya bertahan di Manchester City hingga Juni 2027.

Pemain berusia 21 tahun itu sejatinya masih memiliki tiga tahun tersisa di kontraknya saat ini, tetapi dihadiahi kontrak baru yang signifikan untuk mencerminkan statusnya sebagai pemain penting di bawah arahan Pep Guardiola dan untuk masa depan klub.

City diperkirakan akan mengumumkan kesepakatan ini dalam beberapa hari mendatang ketika Foden kembali ke Etihad Campus setelah tampil di dua kualifikasi Piala Dunia bersama Inggris selama jeda internasional.


Foden yang lahir di Stockport telah menjadi penggemar City di sepanjang hidupnya, setelah merapat ke Etihad Stadium saat berusia enam tahun dan mengaku tidak bisa membayangkan bergabung dengan klub lain.

"Saya hanya bisa melihat diri saya bermain untuk Manchester City, mengingat betapa besarnya dukungan saya untuk mereka sejak usia muda," katanya pada awal tahun ini.

"Itu selalu berguna ketika Anda bermain untuk klub yang Anda dukung."


Guardiola tidak merahasiakan kekagumannya pada Foden sejak penampilan pertamanya dalam pertandingan persahabatan pramusim di Houston melawan Manchester United pada 2017 silam.

Tetapi Foden harus bersabar untuk peluangnya sebagaimana bos City itu percaya bahwa dia akan mendapatkan lebih banyak pengalaman di tim utama dan belajar dari Kevin De Bruyne serta David Silva ketimbang dipinjamkan.

Dia sekarang telah mengukir 130 penampilan untuk klub di semua kompetisi, mencetak 33 gol, dan berhasil memenangkan tiga gelar Liga Primer Inggris serta jadi andalan di final Liga Champions.

Potensi besar Foden semakin digarisbawahi minggu lalu ketika ia masuk dalam daftar 30 pemain untuk Ballon d'Or bersama De Bruyne, Raheem Sterling, Ruben Dias dan Riyad Mahrez.

Di awal musim ini ia terganggu oleh cedera kaki yang dialami saat membantu Inggris ke final Euro 2020 pada musim panas.


Tapi dia akan menjadi bagian penting dari rencana Guardiola musim ini dengan fleksibilitasnya yang membuatnya bisa bermain sebagai pemain sayap kiri, No.10 atau sebagai false nine seperti yang dia lakukan dalam kemenangan tandang yang mengesankan di markas Chelsea pada September.

Foden akan menjadi anggota terbaru dari tim utama yang menandatangani perpanjangan kontrak, mengikuti jejak Dias, Ederson, John Stones, Fernandinho dan De Bruyne tahun ini serta pemain muda Cole Palmer dan Liam Delap.

Sementara itu, Sterling, Mahrez, Ilkay Gundogan dan Gabriel Jesus semuanya memasuki dua tahun terakhir di kontrak mereka dan keputusan akan segera dibuat. (gi/om)